‘TRASH CARE’, CARA FAKULTAS DHARMA DUTA UHN IGB SUGRIWA GELORAKAN PEDULI LINGKUNGAN

DENPASAR, UHN SUGRIWA – Fakultas Dharma Duta (FDD) UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar terus berinovasi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Khusus dalam pengamalan pengabdian kepada masyarakat, Dekan FDD, Dr. Drs. I Nyoman Ananda, M.Ag memotivasi dosen melaksanakan pengabdian mandiri untuk menangani masalah yang ada.

Terkait hal itu, dilaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian bertemakan ‘Trash Care’, yang merupakan bentuk kepedulian pada lingkungan dengan membersihkan pantai dari sampah non-organik. “Kegiatan ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan FDD yang diintegrasikan dengan mata kuliah terkait di masing masing prodi sebagai bentuk dari Merdeka Belajar,” ungkap Dr. Ananda, Senin (11/4).

Dekan lanjut menerangkan, kegiatan pengabdian ‘Trash Care’ sudah dilaksanakan di tiga pantai, yaitu Pantai Karang Sanur, Lembeng, dan Saba dalam beberapa minggu terakhir. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan sikap dan perilaku peduli lingkungan pada dosen dan mahasiswa yang kemudian digetoktularkan melalui unggahan di masing-masing akun media sosial peserta. “Goal-nya adalah menularkan aktivitas peduli lingkungan pada netizen, sehingga terbangun literasi lingkungan pada setiap individu untuk menjaga kelestarian alam, khususnya Bali sebagai Destinasi Wisata,” jelasnya.

Kedepan, pihaknya akan mengembangkan kegiatan tersebut dengan melibatkan lebih banyak pihak dan peserta. “Kami akan merancang kegiatan serupa melalui kerja sama dengan fakultas lain dan instansi pemerintah, LSM, serta perguruan tinggi lain. Salam Lestari,” imbuh Dr. Ananda. (sas/nya)