GELAR PENGABDIAN MASYARAKAT, PRODI ILMU KOMUNIKASI UHN IGB SUGRIWA SUSUN KOMPILASI DOKUMEN PHDI BADUNG

MANGUPURA, UHN SUGRIWA – Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Hindu Fakultas Dharma Duta Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar melaksanakan pengabdian masyarakat berbasis prodi berupa Pendampingan Penyusunan Kompilasi Dokumen Pembinaan Umat Hindu Kabupaten Badung yang dipusatkan di Kantor PHDI Badung. Kegiatan dibuka Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi dan Penerangan Agama Hindu, Dr. I Gusti Ngurah Pertu Agung, S.Sn., M.Ag., didampingi Ketua PHDI Badung, Dr. Drs. I Gede Rudia Adiputra, M.Ag., Senin (11/4).

Pengabdian dilaksanakan oleh Tim yang dipimpin Drs. Ida Bagus Putu Supriadi, M.Si. dengan anggota Dr. Drs. I Wayan Sukabawa, M.Ag; I Made Budiasa, S.Sos., M.Si; Diah Nirmala Dewi, M.Pd.H; dan I Putu Adi Pratama, S.Kom., MCs.

Ketua PHDI Badung dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan pengabdian yang dilaksanakan. Menurutnya, bantuan tenaga dari tim pengabdian memang sangat dibutuhkan guna mengarsipkan berbagai informasi penting, seperti profil, sejarah organisasi, sejarah kepengurusan, dokumen-dokumen literer, dan dokumen pembinaan umat yang berkaitan dengan organisasi. “Sehingga kedepannya sejarah perkembangan PHDI dari waktu ke waktu dapat dilihat dari buku yang nanti akan dihasilkan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini,” ujar Dr. Rudia Adiputra yang merupakan mantan Rektor IHDN Denpasar.

Sementara itu, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Hindu dan Penerangan Agama, Dr. I Gusti Ngurah Pertu Agung, menyampaikan kegiatan ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Prodi sebagai bentuk pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang pengabdian masyarakat. “Kegiatan pendokumentasian sebuah pergerakan sangat penting apalagi dalam kehidupan berorganisasi, agar kedepannya sejarah perjalanan organisasi dapat ditelusuri dengan jelas, siapa saja tokoh-tokohnya maupun pergerakan-pergerakan yang telah dilaksanakan,” jelasnya.

Pengabdian dilaksanakan mulai dari tanggal 11 April s/d 14 Mei dengan lima kali pertemuan yang akan dilaksanakan seminggu sekali. Output yang akan dihasilkan berupa buku yang memuat profil PHDI Badung, seperti Visi dan Misi, Sejarah berdirinya PHDI Badung, dan Kepengurusan PHDI Badung dari masa ke masa. Kemudian Dokumen Literer atau dokumen yang mendasari pembinaan umat, seperti Produk Mahasabha, serta Lokasabha PHDI Bali dan Badung. Demikian juga Dokumen Pembinaan Umat Hindu yang telah dilaksanakan oleh PHDI Badung.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Pengurus PHDI Kabupaten Badung dan Pengurus PHDI se-kecamatan Badung dengan total 20 orang. (sas/nya)