AWIG-AWIG SEKAA TERUNA DHARMA GARGITHA RAMPUNG, PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT JURUSAN HUKUM UHN SUGRIWA DITUTUP KETUA LPPM

DENPASAR, UHN SUGRIWA – Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Hukum Fakultas Dharma Duta (FDD) UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar berupa Pendampingan Penyusunan Awig-awig Sekaa Teruna (ST) Dharma Gargita, Banjar Suwung Batan Kendal Desa Adat Sesetan resmi ditutup Ketua LPPM, Dr. Drs. I Made Sugata, M.Ag didampingi Ketua Jurusan Hukum, Ida Bagus Sudharma Putra, SH., MH, Senin malam (25/4) di Wantilan Pura Dalem Suwung Batan Kendal.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Made Sugata didampingi Tim Monitoring dan Evaluasi LPPM, I Wayan Suwadnyana, S.Ag., M.Fil.H mengucapkan terima kasih kepada ST Dharma Gargitha yang mempercayakan pendampingan penyusunan awig-awig kepada UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, khususnya Jurusan Hukum yang ada di bawah naungan Fakultas Dharma Duta. Ia berharap pendampingan yang telah dilaksanakan dapat menambah semangat ST Dharma Gargitha untuk mempertahankan dan mengembangkan eksistensinya sebagai salah satu bagian dari banjar adat setempat. “Tentunya pendampingan ini bukanlah akhir perjumpaan kita. Kami di UHN senantiasa membuka diri bilamana ke depan adik-adik sekaa teruna kembali membutuhkan pendampingan. Karena pengabdian kepada masyarakat ini adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya seraya mengapresiasi kinerja Tim Pengabdian.

Pada momentum yang baik itu, Ketua LPPM pun menyampaikan saat ini UHN IGB Sugriwa Denpasar tengah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Ada berbagai jurusan yang disediakan oleh Universitas Hindu Negeri pertama dan satu-satunya di Indonesia ini. “Siapa tahu adik-adik atau rekan-rekannya berminat, silahkan dibuka informasi di media sosial maupun website. Mari bergabung bersama kami di UHN,” ajaknya.

Ketua Jurusan Hukum, Ida Bagus Sudharma Putra, SH, MH yang juga Ketua Tim Pengabdian Masyarakat juga mengucapkan terima kasih kepada ST Dharma Gargitha. Pihaknya merasa kagum dengan semangat para pemuda yang tergabung di dalamnya. “Tentunya kami juga mohon maaf jika selama kita berinteraksi ada hal-hal yang kurang berkenan,” ujarnya.

Pihaknya pun senang karena awig-awig yang dirancang telah rampung. Bahkan beberapa waktu lalu telah ikut dibahas oleh prajuru adat setempat. “Semoga awig-awig ini nantinya semakin menguatkan eksistensi Sekaa Teruna Dharma Gargitha,” tandasnya.

Kelian Sekaa Teruna Dharma Gargitha, I Komang Adi Dharmayasa didampingi anggota Putu Gede Arya Setiawan dalam sambutannya juga berterima kasih atas pendampingan dari Tim Pengabdian, sehingga awig-awig tersebut bisa rampung. Ia berharap pendampingan dapat berlanjut ke depannya, walaupun dalam tema yang berbeda.

Adapun Tim Pengabdian terdiri dari lima orang, yakni dipimpin Ida Bagus Sudharma Putra, SH, MH dengan anggota Dr. I Nyoman Alit Putrawan, S.Ag., M.Fil.H; I Made Adi Widnyana, SH, MH; Ni Ketut Kantriani, S.Ag., M.Ag; dan I Nyoman Surpa Adisastra, SH.H., M.Ag.

Di penghujung acara, Ketua Tim Pengabdian menyerahkan awig-awig kepada Kelian Sekaa Teruna Dharma Gargitha. Kegiatan diakhiri ramah tamah dan foto bersama. (sas/nya)