DORONG KEBANGKITAN EKOWISATA BUKIT CEMENG, JURUSAN PARIWISATA BUDAYA UHN SUGRIWA GELAR PENGABDIAN MASYARAKAT

BANGLI, UHN SUGRIWA – Jurusan Pariwisata Budaya, Fakultas Dharma Duta Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menyelenggarakan pengabdian masyarakat di Ekowisata Bukit Cemeng, Desa Sidembunut, Kecamatan Bangli, Bangli. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada Jumat (29/4) ini mengusung tema ‘New Normal sebagai Momentum Kebangkitan Daya Tarik Ekowisata Bukit Cemeng’.

Adapun kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa kegiatan pembersihan dan penataan objek, sehingga objek wisata ini siap untuk menerima wisatawan kembali pascapandemi Covid-19. Pengabdian ini disambut baik oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ekowisata Bukit Cemeng.

Dr. I Wayan Wiwin, SST.Par., M.Par selaku Ketua Jurusan Pariwisata Budaya sekaligus Ketua Pokdarwis Ekowisata Bukit Cemeng menuturkan, gagasan pembangunan ekowisata ini bermula pada tanggal 17 Agustus 2019 dan dibuka secara resmi pada 26 Desember 2019. Ekowisata dirintis secara swadaya oleh sekitar 10 orang anggota dan terus berkembang. Hingga awal tahun 2020 beranggotakan 26 orang. Pada momentum tersebut, ia juga menyampaikan akan memberikan ruang bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian di Ekowisata Bukit Cemeng.

Ketua Tim Pengabdian Berbasis Program Studi Industri Perjalanan, Jurusan Pariwisata Budaya, I Gusti Ketut Indra Pranata Darma, S.T.,M.Mpar menyampaikan bahwa sebuah daya tarik yang mengusung konsep Community Based Tourism (CBT) tidak bertumpu pada kebersamaan semata, namun diperlukan pula kemampuan leadership yang baik. Selain itu ia juga berharap, melalui program pengabdian ini dapat membantu Ekowisata Bukit Cemeng untuk bangkit kembali menjadi salah satu daya tarik wisata berbasis ekowisata yang diminati wisatawan pascapandemi.

Pengabdian Program Studi Industri Perjalanan, Jurusan Pariwisata Budaya, lanjutnya merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk membangun sinergitas dengan masyarakat guna peningkatan kesejahteraan sosial. Sebagai salah satu program lembaga, pendanaan dari pengabdian ini bersumber dari dana DIPA Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar tahun 2022.

Selain dihadiri oleh Pokdarwis Ekowisata Bukit Cemeng, dosen, dan mahasiswa dari Jurusan Pariwisata Budaya, kegiatan ini juga dihadiri oleh Tim Monitoring dari LPPM Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Dr. Drs. I Wayan Nerta, M.FOr sebagai salah satu perwakilan Tim Monitoring dari LPPM mengapresiasi kegiatan ini dan berharap nantinya Pengelola Ekowisata Bukit Cemeng dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dapat membangun Kerjasama sehingga beberapa kegiatan lembaga dapat dilakukan pada objek wisata tersebut. (*)