Nyoman Ananda - Dekan FDD Membuka Acara Sharing Akademik

HIMPUN ASPIRASI MAHASISWA, FAKULTAS DHARMA DUTA UHN IGB SUGRIWA GELAR SHARING AKADEMIK

DENPASAR, UHN SUGRIWA-Sharing akademik adalah acara rutin yang diadakan oleh Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), khususnya yang bernaung di bawah Fakultas Dharma Duta (FDD), untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang dialami mahasiswa dalam menempuh perkuliahan. Acara ini dimaksudkan untuk saling memahami antara mahasiswa dan fakultas sehingga didapatkan saling pengertian antara keduanya. Dengan demikian tercipta kondusivitas dalam proses perkuliahan. Demikian disampaikan Dekan Fakultas Dharma Duta, Dr. Drs. I Nyoman Ananda, M.Ag dalam sambutannya saat membula Sharing Akademik, Rabu (27/4) lalu.

Acara yang bertema ‘Responsif Mengemban Aspirasi’ tersebut berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan, namun tidak mengurangi substansi sharing, yaitu penyampaian beberapa permasalahan di bidang pendidikan, sarana dan prasarana, yang dialami mahasiswa yang selanjutnya direspon oleh pihak Dekanat. “Sharing ini menjadi penting untuk menggali permasalahan yang secara riil dialami mahasiswa sehingga dapat dicarikan solusi bersama,” ujar Dr. Nyoman Ananda.

Hadir pada acara ini Wakil Dekan I, Dr. I Gede Sutarya, SST.Par., M.Ag; Wakil Dekan II, Dra. Ni Gusti Ayu Kartika, M.Ag; Wakil Dekan III, Dr. Dewa Ketut Wisnawa, S.Sn., M.Ag; Kabag Erawati, S.E; Kejur Ilmu Komunikasi dan Penerangan Agama, Dr. I Gst Ngr Pertu Agung, S.Sn., M.Ag; Kejur Pariwisata, Dr. I Wayan Wiwin, SST.Par., M.Par.

Demikian juga Sekjur Hukum, Dewa Putu Tagel, S.H., M.H; Sekjur Pariwisata Komang Sudarningsih, S.Ag. M.Ag; serta Sekjur Ilmu Komunikasi
Anggara Putu Darma Putra, S.Ag. M.Ag.
Total, sharing akademik kali ini diikuti oleh 80 orang yang berasal dari Orkemas FDD, undangan dan perwakilan mahasiswa FDD.

Selanjutnya Dekan mengibaratkan sharing akademik berupa acara keluarga antara anak-anak dan orang tuanya, bukan dengan maksud untuk saling mengkritik. Dekan juga berjanji untuk menindaklanjuti hasil sharing ini kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan FDD.

Pertanyaan mahasiswa dimulai dari seputar fasilitas-fasilitas pembelajaran seperti kuota internet hingga sarana dan prasarana perkuliahan. Wakil Dekan II menyampaikan bahwa kuota perkuliahan sudah diberhentikan dari pusat dan dananya dialihkan untuk keperluan penanggulangan wabah covid-19. Selanjutnya mengenai perlunya tambahan operasional , proyektor dan sarana lainnya akan ditindaklanjuti bersinergi dengan kabag FDD.

Pertanyaan di bidang akademik ditanggapi oleh Wakil Dekan I. Salah satunya terkait pelaksanaan perkuliahan yang senantiasa memerlukan inovasi ke depannya. Menurutnya ke depan para dosen penting diberikan pelatihan-pelatihan secara kontinyu terkait pemanfaatan Teknologi Informasi. Sehingga dosen bisa menyampaikan materi secara lebih efektif dan efisien. Demikian juga mahasiswa kian mudah mengakses dan mempelajari materi.

Sementara itu, pertanyaan seputar beasiswa ditanggapi oleh Wakil Dekan III. Adapun tolak ukur mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa yaitu memiliki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3 ke atas, memiliki Prestasi didalam maupun luar kampus, dan aktif dalam organisasi kampus. Mahasiswa juga mempertanyakan tentang beasiswa untuk mahasiwa yang disabilitas. Terkait hal ini, Wakil Dekan III akan menindaklanjuti melalui konsultasi dengan lembaga. (*)