TERIMA MAHASISWA BARU, DEKAN FDD UHN SUGRIWA AJAK BANGUN SUASANA KEKELUARGAAN

BANGLI, UHN SUGRIWA – Pada hari ketiga pelaksanaan Mahasisya Upanayana (Masayu) Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, diadakan pengenalan di masing-masing fakultas. Khususnya di Fakultas Dharma Duta (FDD), Dekan, Dr. Drs. I Nyoman Ananda, M.Ag. beserta jajarannya menerima kedatangan mahasiswa baru (Maba) di ruang Aula FDD, Sabtu (24/9/2022).

Pada pertemuan yang hangat dan penuh suasana kekeluargaan itu, Dekan FDD menyampaikan selamat datang kepada para Maba yang berjumlah 222 orang. Menurutnya para Maba sangat tepat memilih kuliah di UHN IGB Sugriwa, khususnya FDD, lantaran sangat relevan dengan konteks perkembangan zaman, khususnya di Bali. “FDD adalah fakultas sosial yang memiliki tiga jurusan yaitu, Pariwisata Budaya, Hukum, serta Ilmu Komunikasi dan Penerangan Agama. Ketiga bidang ilmu yang dihasilkan oleh jurusan ini sangat diperlukan saat ini,” ungkap Dr. Nyoman Ananda.

Dekan FDD dalam arahannya, menekankan pentingnya karakter dalam meraih kesuksesan. Hal tersebut sejalan dengan tema Masayu kali ini, yakni ‘Vidya Vinaya Dadhati’ (pengetahuan membuat manusia menjadi bijaksana). “Dan kebijaksanaan tercermin dalam karakter yang baik, character is power,” ujarnya.

Dekan menyitir kakawin Ramayana.
Manusia ideal dalam itihasa tersebut, yaitu berbakti kepada Tuhan, memiliki pengetahuan keagamaan, penghormatan kepada leluhur atau orang yang lebih tua, dan memiliki rasa kemanusiaan.

Pada kesempatan itu Dr. Nyoman Ananda juga mengingatkan para mahasiswa kuliah di perguruan tinggi Hindu, yang memberikan nilai tambah yang khas, yaitu pengetahuan keagamaan, sekaligus mendisipinkan diri agar berprilaku sesuai dengan norma-norma agama. “Kami harapkan agar saudara-saudara membina hubungan baik dengan sesama, seluruh dosen, pegawai, dan seluruh staf yang bekerja di lingkungan FDD sebagai sebuah keluarga,” pintanya.

Sambutan Dekan dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing Wakil Dekan dan Ketua jurusan yang ada di FDD, diikuti dengan sesi tanya jawab.

Acara berlangsung sangat meriah dengan dekorasi ruangan bernuansa etnik khas Bali Aga. Diadakan pula pengenalan Jegeg Bagus FDD dan sosialisasi oleh Bank Mandiri. (*)