Kerjasama FDD-UIN Jakarta Rancang Kerjasama MBKM

Jakarta, CD – Fakultas Dharma Duta UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar melakukan Kerjasama dengan Fakultas Komunikasi dan Dakwah UIN Syarifhidayatulah Jakarta. Kerjasama itu ditandatangani secara simbolis oleh Wakil Dekan I Fakultas Dharma Duta, Dr. I Gede Sutarya dan Dekan Fakultas Komunikasi dan Dakwah, Suparto, M.Ed.,Ph.D di Kampus UIN Jakarta, Jumat (25/11).

Sutarya menyatakan, kerjasama ini menyangkut tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pada bidang pendidikan akan dilakukan kolaborasi untuk melakukan program merdeka belajar (MBKM). Pada bidang pengabdian masyarakat, dirancang kolaborasi KKN bersama dan bentuk-bentuk pengabdian lainnya. “Sejarah detail akan dirancang program kerja dari media belah pihak,” ujarnya.

Wakil Dekan I FDD ini menjelaskan, pada bidang penelitian akan dijajagi penelitian-penelitian kolaborasi berkaitan dengan program kementerian agama, seperti moderasi agama dan transformation teknologi digital. Kolaborasi ini mulai dilakukan dalam konferensi-konferensi yang diikuti kedua lembaga. “Kolaborasi membuat pertemuan-pertemuan ilmiah akan dilakukan,” Katanya.

Suparto menyatakan, Fakultas Komunikasi dan Dakwah telah melakukan MBKM secara terbatas. Keduabelah pihak terbuka peluang untuk memberikan kesempatan belajar bagi kedua mahasiswa. Kolaborasi pengabdian masyarakat dan kolaborasi penelitian juga sangat terbuka. “Kita akan detailkan kerjasama ini menjadi program-program nyata di kemudian hari,” jelasnya.

Fakultasnya, lanjutnya, telah melakukan transformasi teknologi digital. Pelayanan kampus juga telah dilakukan secara digital, termasuk perpustakaan. Fakultas ini juga memiliki lab radio dan televisi yang memberikan peluang bagi mahasiswa untuk melakukan praktik penyiaran.

Wakil Dekan I Fakultas Komunikasi dan Dakwah, Dr. Siti Napsiyah, MSW menjelaskan, pihaknya sedang menyiapkan akreditasi internasional untuk beberapa prodinya. Hal itu dilakukannya untuk menuju world class university. Selain itu, untuk meningkatkan daya saing lulusan. “Kita sedang siapkan akreditasi internasional,”katanya.